Trik Berwisata Irit

Saat ini liburan sudah menjadi kebutuhan yang tak terelakkan di kehidupan modern. Agar berwisata bisa irit biaya, banyak hal yang bisa disiasati. Tentu saja itu dilakukan agar liburan bisa dilakukan tanpa membuat kantong jebol. Tertarik untuk berlibur secara hemat? Yok ah simak dulu tips-n trick  liburan hemat di bawah ini!

1. Cari info sebanyak-banyaknya

Sebelum memutuskan untuk berwisata ke suatu kota atau negara, pastikan Agan mencari tahu tentang lokasi wisata yang mau agan datangi tersebut. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat wisata dan makanan yang unik, terkenal dan benar-benar menjadi ciri khas dari kota atau negara tersebut. Agan juga bisa menanyakan kepada temen atau keluarga yang udah pernah berwisata ke sana.
Selain itu, jangan lupa pula untuk mengetahui harga tiket masuk ke tempat-tempat wisata dan pilihlah tempat wisata dengan harga tiket yang tidak terlalu mahal, bahkan gratis. Informasi-informasi ini akan sangat mudah Anda cari di internet.

2. Hindari berwisata pada musim liburan

udah tidak menjadi rahasia lagi bahwa kalau musim liburan pasti semua harga meningkat drastis. Oleh karena itu, pertimbangkanlah untuk berwisata pada masa low season, tentunya biaya yang Agan keluarkan pasti lebih kecil daripada berlibur saat high season. Selain itu, pada masa ini Agan juga bisa berwisata dengan lebih menyenangkan karena suasana di kota atau negara tujuan Agan tidak akan terlalu ramai dengan wisatawan lainnya.


3.Update info terkait tiket promo


Pastikan Agan tidak ketinggalan informasi terkait promo tiket atau penginapan. Sering-seringlah untuk mengecek website penjualan tiket ataupun hotel untuk mengetahui apakah mereka memberikan promo untuk destinasi yang ingin Agan tuju. Nah saat harga turun, segeralah memesan tiket tersebut. Biasanya tiket promo ini dijual untuk keberangkatan tahun berikutnya, jadi Agan masih memiliki banyak waktu untuk menabung ^_^.

4. Berwisata bersama teman atau keluarga

Pastinya berwisata akan jauh lebih menyenangkan jika bersama teman-teman atau keluarga. Selain lebih rame, dengan mengajak teman, Agan juga bisa lebih menghemat biaya hotel dan transportasi seperti menyewa mobil atau motor. Jika berwisata dengan teman atau keluarga, Agan bisa mengajak mereka untuk menyewa satu rumah atau apartemen yang biasanya dilengkapi dengan fasilitas dapur untuk memasak, pastinya akan menghemat pengeluaran kan.

5. Buat rencana berwisata

Agar berwisata terencana dan nantinya Agan tidak bingung akan pergi kemana aja, sebaiknya mulailah untuk membuat rencana perjalanan. Dengan menyusun rencana berwisata, tentunya Agan juga akan menghemat waktu untuk hanya memikirkan akan pergi kemana. Setelah adanya rencana perjalanan, pastikan Agan mematuhi rencana yang Agan buat sendiri agar tidak mengacaukan liburan yang sudah direncanakan dengan matang.

6. Bangun koneksi luas

Cara lain agar berwisata bisa irit adalah dengan membangun jaringan pertemanan seluas-luasnya. Agan bisa mencari teman dari berbagai negara dengan mudah melalui media social seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Carilah teman-teman dari berbagai kota bahkan negara, agar jika nantinya Agan ingin berwisata ke tempat kota atau negara mereka tinggal, Agan bisa menginap di rumah mereka dan meminta mereka untuk mengajak Anda berkeliling ke tempat-tempat wisata khas negara tersebut. Dengan begitu, Agan akan bisa sedikit berhemat untuk biaya penginapan dan transportasi. Tapi jangan lupa pula untuk membawa sedikit oleh-oleh khas dari tempat Agan untuk mereka yak.

7. Hindari paket tour

Jika biasanya orang-orang lebih sering menggunakan paket tour saat ingin berwisata, Agan harus bisa mandiri untuk berwisata tanpa menggunakan tour guide. Selain bisa menghemat biaya, cara ini juga bisa Agan gunakan untuk mengasah jiwa petualang Anda.

Demikian deh Tips & Trik Berwisata irit ^_^ mudah2an bermanfaat yak gan :D

No comments:

Post a Comment